Saatnya Kini Memaknai Lowongan Kerja Secara Luas

July 12th, 2012

Ketika dulu masih muda dan sedang aktif mencari lowongan kerja maka yang ada di kepala saya tentang lowongan kerja adalah melamar pekerjaan lalu diterima dan mendapat gaji bulanan saja. Artinya lowongan kerja menurut saya waktu itu hanyalah terbatas pada menjadi pegawai kantoran, baik itu di kantor pemerintah (menjadi pegawai negeri) atau di perusahaan swasta (menjadi pegawai swasta).

Lama kelamaan, mungkin karena sering bergaul dengan teman-teman yang sudah memulai bisnis maka timbul cara baru dan berbeda di kepala saya tentang memakani atau mendefenisikan secara personal tentang lowongan kerja tersebut. Eh ternyata yang namanya lowongan kerja atau peluang untuk bekerja itu ya kesempatan untuk bekerja yang sangat luas, dan mendapatkan penghasilan tentunya. Termasuk ketika di pintu masuk ke perumahan saya belum ada orang yang jualan nasi campur maka saya mulai memaknai kekosongan tersebut sebagai Lowongan untuk menjual Nasi!. Nah, berbeda kan defenisi lowongan sekarang? 🙂

Termasuk juga misalnya jika ada suatu produk yang terbukti laris di kota lainnya, sedangkan di Sidoarjo ini belum terlalu padat orang yang memasarkanya, maka itu juga merupakan Lowongan Untuk Menjual produk tersebut (baca kesempatan untuk menjual). Apakah Anda mulai sependapat?

Jadi?

Ya ampunn… ternyata lowongan kerja tersebut BERLIMPAH. Lowongan kerja di Sidoarjo ini ada banyak tempat, dalam beragam bentuk. Mengapa ya kita berebut dan sering kesulitan mendapatkan lowongan kerja yang berlimpah tersebut? Apakah mungkin karena sebagian besar orang sudah terperangkap seperti kata pepatah: Ayam Mati di Lumbung Padi? 🙂

Yes, ketika kita berhasil memaknai lowongan secara luas, artinya istilah ini dapat kita anggap sebagai peluang, kesempatan, bisnis, dan sebagainya maka terbuka deh lebih banyak kesempatan untuk kita mengisi peluang-peluang tersebut tanpa terbelenggu lagi oleh konotasi istilah Lowongan Kerja yang terlalu sempit seperti jadi karyawan saja seperti diatas tadi.

Semoga deh, semakin banyak teman-teman muda di Sidoarjo yang kemudian jadi pebisnis (pengusaha), setelah memakani lowongan kerja secara lebih luas dari sekedar menjadi melamar kerja dan menjadi karyawan saja, hehe..

Tentu, sama sekali tak ada salahnya menjadi karyawan. Dan tidak ada salahnya juga menjadi pebisnis. Right?

Ok deh, terimakasih telah membaca artikel saya.

Best Regards
Mufli

NB:
Sebuah Lowongan untuk Anda: Lowongan Pemasaran Foredi

«
»